KECAMATAN CIPANAS


Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas atau Cibodas Botanical Garden adalah taman hijau nan indah yang luasnya hampir 80 hektar dengan topografi lapangan yang bergelombang dan berbukit-bukit menjadikan kebun raya cibodas salah satu tujuan wisata utama di kawasan Cibodas. Keindahan Kebun Raya Cibodas sudah terkenal sejak lama dan menjadi tujuan wisata domestik maupun mancanegara. Bahkan ahli fisiologi tumbuhan, Dr. F.W. Went menggambarkan keindahan Kebun Raya Cibodas sebagai salah satu sorga dunia. Bahkan ada yang menjulukinya sebagai Taman Firdaus di Asia.

Harga Tiket Masuk : Rp. 16.500

Buka : Jam 07.00 s.d 17.00

Istana Presiden Cipanas

Istana Presiden Cipanas adalah satu dari enam istana Kepresidenan RI yang mana digunakan sebagai tempat pertemuan, kunjungan tamu atau bahkan acara-acara keluarga presiden. Bangunan istana ini sudah ada sejak 1740 dan sampai saat ini bangunannya masih kokoh berdiri dan menjadi saksi sejarah akan perjalanan Presiden Indonesia dari masa ke masa.Istana Presiden Cipanas adalah satu dari enam istana Kepresidenan RI yang mana digunakan sebagai tempat pertemuan, kunjungan tamu atau bahkan acara-acara keluarga presiden. Bangunan istana ini sudah ada sejak 1740 dan sampai saat ini bangunannya masih kokoh berdiri dan menjadi saksi sejarah akan perjalanan Presiden Indonesia dari masa ke masa.

Harga Tiket Masuk : Rp. Gratis 

Buka : Jam 09.00 s.d 16.00

Taman Gunung Gede Pangrango

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) adalah salah satu Wisata Alam yang bisa Anda nikmati di kawasan Wisata Cibodas. Gunung Gede Pangrango inilah yang menjadi sumber keindahan bagi alam sekitar termasuk wisata alam lainnya seperti Kebun Raya Cibodas dan Bumi Perkemahan Mandalawangi. Memiliki luas 21.975 hektare, kawasan Taman Nasional ini ditutupi oleh hutan hujan tropis pegunungan sehingga memiliki peranan penting dalam sejarah konservasi di Indonesia.

Harga Tiket Masuk : Rp. 16.500

Buka : Jam 07.00 s.d 17.00

Bumi Perkemahan Mandala Kitri

Bumi Perkemahan Mandala kitri Cibodas yang berlokasi sebelum pintu masuk Kebun Raya Cibodas dengan suhu udara yang dingin, tidak jauh dari mandala kitri terdapat Bumi Perkemahan Mandalawangi dan Kebun Raya Cibodas. Bumi Perkemahan Mandala kitri sendiri di kelola olehg Pramuka, dengan luas kurang lebih 17 ha Bumi menjdai solusi untuk kegitan-kegiatan perkemahan.
Berkemah menjadi salah kegiatan yang paling banyak di minati di kawasn Cibodas, mulai dari acara perkemahan keluarga, instansi, lembaga, kegiatan sekolah, dll. Hampir setiap minggunya kawasan ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan baik itu yang berwisata, yang berkemah, ataupun yang akan melakukan pendakian

Harga Tiket Masuk : Rp. -

Buka : Jam 07.00 s.d 17.00

Taman Wisata Mandalawangi

Taman Wisata Mandalawangi adalah salah satu Wisata Alam yang bisa Anda nikmati di kawasan Wisata Cibodas. Gunung Gede Pangrango inilah yang menjadi sumber keindahan bagi alam sekitar termasuk wisata alam lainnya seperti Kebun Raya Cibodas dan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Memiliki luas 21.975 hektare.

Harga Tiket Masuk : Rp. 8.500

Buka : Jam 07.00 s.d 17.00

Curug Cibeureum

Curug Cibereum atau Air Terjun Cibereum terletak di kawansan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) curug ini terdiri dari air terjun utama Curug Cibeureum, dan dua air terjun lain yang lebih kecil, Curug Cidendeng dan Curug Cikundul. Curug Cibeureum adalah air terjun terbesar dan paling pendek di kawasan ini, letaknya yang lebih terbuka dan dekat shelter sehingga lebih banyak dikerumuni. Nama Cibeureum berasal dari bahasa sunda yang berarti sungai merah, nama ini diambil dari nuansa merah dinding tebing yang terbentuk dari lumut merah yang tumbuh secara endemik di sana.
Di sebelah kanan Curug Cibeureum adalah Curug Cidendeng, ukurannya lebih tinggi dan langsing. Airnya melintasi tebing batu-batu trap dan jatuh menimpa lereng tebing yang berlumut. Sedangkan yang paling kanan adalah Curug Cikundul, letaknya yang sangat tinggi dan agak tersembunyi di ceruk dua tebing.
Ketiga curug ini memiliki ketinggian antara 40-50 meter dan berada di ketinggian 1675 m dari permukaan laut (dpl). Curah hujan rata-rata di kawasan ini berkisar 3.000-4.200 mm per tahun. Bulan basah pada periode Oktober sampai Mei, pada saat musim barat laut dan rata-rata hujannya lebih dari 200 mm per bulan. Bulan Desember sampai Maret curah hujannya dapat mencapai lebih dari 400 mm per bulan.
Menurut klasifikasi iklim Scamidt dan Ferguson, tipe iklim di kawasan ini termasuk tipe iklim A. Rata-rata temperaturnya bervariasi antara 18 °C di Cibodas dan kurang dari 10 °C di puncak Pangrango

Harga Tiket Masuk : Rp. 5.000

Buka : Jam 07.00 s.d 17.00

Curug Ciismun

Curug Ciismun atau Tir Terjun Ciismun memiliki ketinggian sekitar 25 m dengan kaki air terjunnya selebar sekitar 5 m. Air curug ini terjun dari sudut pertemuan bukit Agropolitan dengan bukit Cibodas. dan berada di ketinggian 1275 m dpl.
Selain curug Ciismun di kawasan ini juga terdapat curug lain, yaitu Curug Cibogo. Curug ini lebih kecil dibandingkan dengan Curug Ciismun akan tetapi bisa ditempuh dengan mobil. Jarak curug ini dari pintu masuk utama sebelah timur sekitar 1 km.
Curug Ciismun, salah air terjun yang menawarkan serta menyuguhkan pemandangan alam yang cantik dan indah. Untuk mencapai air terjun ini akan lebih dekat bila ditempuh jika melewati pintu belakang Kebun Raya Cibodas, hanya membutuhkan sekitar 30 menit saja dengan berjalan kaki. Memang, untuk ke lokasi ini lebih enak dengan berjalan kaki sembari merasakan kesejukan alam sekitar

Harga Tiket Masuk : Rp. 5.000

Buka : Jam 07.00 s.d 17.00

Bukit Golf Cibodas

Bukit Golf adalah lapangan golf yang berada di kawasan wisata cibodas dengan fasilitas 9 Hole. Letaknya berada disamping Kebun Raya Cibodas dan Bumi Perkemahan Mandalawangi atau searah dengan jalan menuju Gunung Gede Pangrango. Dengan Memiliki luas sekitar 40 Hektar muncul ide untuk membuat lapangan ini sebagai tempat berkemah atau camping. Selain itu Bukit Golf berhadapan langsung dengan Gunung gede pangrango,yang membuat suasa menjadi indah dengan udara yang sangat sejuk.
Jadi bagi anda yang ingin camping seru dengan cara yang besar, Bukit Golf sangat tepat untuk anda,dikarnakan memiliki kapasitas lebih dari 10.000 orang.

Harga Tiket Masuk : Rp. -

Buka : Jam 07.00 s.d 17.00

© Copyright 2021 Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Cianjur

Created with Mobirise website templates